Profile

Join date: Sep 14, 2022

About

10 Tempat Menarik di Kota Lama Semarang yang Harus Kamu Datangi



Tonton keelokan bangunan nuansa Eropa di Kota Lama Semarang sekalian nikmati kulineran dan tempat rekreasi menarik ciri khas Semarang pada harga yang berteman.


Kota Lama Semarang yang disebutkan Little Netherland tentu saja mempunyai daya magnet tertentu untuk beberapa pelancong. Bangunan-bangunan classic yang menghias jalan dan situasi yang ramah orang berjalan kaki jadikan Kota Lama spot rekreasi yang harus kamu datangi di Semarang.


Tidak cuma arsitektur yang cantik di mata, sisi monumental dari kota Semarang ini cocok untuk menjadi tujuan berlibur karena daerahnya banyak memiliki hotel yang siap menganakemaskan kamu sesudah capek jalanan.


Persiapkan kemampuan kakimu, Toppers! Jarak yang dekat antara tempat rekreasi memungkinkannya kamu untuk berkeliling-keliling ke berbagai macam tempat sepanjang hari penuh. Saat sebelum Toppers liburan, baca referensi rekreasi paling favorit di Kota Lama Semarang berikut ini:


Referensi Rekreasi di Kota Lama Semarang:

Ada beberapa aktivitas yang dapat kamu kerjakan di Kota Lama Semarang. Janganlah sampai kebingungan ingin ke mana waktu berlibur, ini referensi rekreasi yang perlu kamu datangi di Kota Lama Semarang!


1. Keliling Kota Dengan Sepeda Bersama Persewaan Fiets

Situasi Kota Lama Semarang yang nuansanya kuno ini paling cocok jika dicicipi dengan rileks. Nach, salah satunya triknya dengan sewa sepeda onthel di Persewaan Fiets. Sepeda-sepeda di Persewaan Fiets tentu saja benar-benar sangat nyaman digunakan dan dapat membuat beberapa foto kamu makin unik!


Karena sangat cantiknya, sering orang manfaatkan sepeda-sepeda ini dan lokasi disekelilingnya sebagai tempat photo pre-wedding. Untuk sewa sepeda di sini, kamu dapat reservasi lewat Instagram http://www.glorycommunity.org atau tiba langsung ke lokasi persewaan.


  • Lokasi: TEKODEKO Koffiehuis, Kota Lama, Jl. Letjen Suprapto No.44

  • Jam membuka:

  • Senin-Kamis: 10.30-19.30 WIB

  • Jumat-Minggu: 10.30-22.00 WIB

  • Harga sewa: Rp20,000/60 menit.


2. Memburu Oleh-Oleh di Pasar Klitikan

Jalanan rasanya kurang komplet jika tidak bawa pulang kenangan. Saat yang kamu habiskan di Kota Lama Semarang tentu jadi masa lalu, tetapi jika ada oleh-oleh makin hebat, kan?


Untungnya, Kota Lama Semarang punyai Pasar Klitikan. Pasar ini menawarkan barang unik yang menjadi tambahan dekor unik di dalam rumah. Barang-barang yang dapat kamu dapatkan di sini yaitu uang kuno, piring kuno, lukisan, koper, lampu, lonceng, sampai setrika arang.


Semenjak tahun 2019, pasar ini telah diatur yang rapi . Maka, tak perlu cemas berdesakan ya, Toppers! Lokasi: Jl. Garuda, Old Town, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang


3. Nikmati Asrinya Taman Srigunting

Tempat hijau di teritori bersejarah ini sebagai bintangnya Kota Lama Semarang. Rupanya, Taman Srigunting aslinya berbentuk parade plein untuk pentas parade pada periode penjajahan Belanda. Sesudah perbaikan, rindangnya Taman Srigunting jadi lokasi yang benar-benar nyaman untuk santai saat matahari sedang terik.


Tetapi tidak boleh salah, Taman Srigunting pada malam hari pun tidak kalah asyik untuk jadi tempat berpose atau bercakap-cakap dengan famili. Taman Srigunting mempunyai tempat dengan wi-fi gratis dan banyak keran bersihkan tangan. Ditanggung kerasan, dech! Lokasi: Jalan Letjen Suprapto, No 32, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang


4. Berpose di Old City 3D Trik Art Museum Semarang

Cuma memiliki jarak 50 mtr. dari Taman Srigunting, kamu bisa berkunjung spot photo unik di Semarang. Pada harga yang cukup dapat dijangkau, kamu bisa berpose dengan lebih dari 100 gambar 3D.


Meskipun baru berumur lima tahun, Old City 3D Trik Art Museum ramai didatangi bahkan juga oleh pelancong luar wilayah. Tetapi tidak boleh cemas, Toppers, karyawan museum tetap siap siaga untuk membantu kamu ambil photo saat di sana!


  • Lokasi: Jalan Letjen Suprapto, No 26, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang

  • Jam membuka: 19.00-21.00 WIB (Selasa tutup)

  • Harga sewa: Rp40,000/orang.


Highlight:


5. Berkunjung Gereja Blenduk

Masih disekitaran Taman Srigunting, Gereja Blenduk yang disebut icon Kota Lama Semarang pun tidak bisa terlewatkan dalam jadwal rekreasi Kota Lama Semarang kamu. Tidak seperti gereja secara umum, Gereja Blenduk mempunyai atap berwujud kubah.


Warna putih membaluti bangunan gereja ini memunculkan kesan-kesan istimewa yang pasti menarik perhatian siapa saja yang menyaksikannya. Tidaklah aneh gereja ini dipanggil Blenduk yang aslinya sebagai "mblenduk" alias "mencolok" dengan bahasa Jawa. Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.32, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa tengah 50174


6. Rekreasi Classic ke Gedung Marba

Dibuat pada era ke-19, nilai bersejarah gedung ini tidak perlu ditanyakan kembali. Dahulu, gedung Marba itu sempat juga jadi sebuah toko yang kekinian namanya De Zeikel. Toko itu sebagai salah satu toko kekinian di teritori Kota Lama.


Jika kamu sewa sepeda onthel, kamu cukup hanya naik sepeda kurang dari 1 menit untuk capai lokasi ini. Tentunya, sepeda onthel dan gedung classic jadi gabungan yang paling cocok untuk photo nuansa kenangan!


7. Makan Elok di Spiegel Bar dan Bistro

Jalanan tentu buat kamu capek, ya, Toppers? Tenang, Kota Lama punyai restaurant unggulan yang dapat membawa kamu keliling dunia dengan menunya. Restaurant dalam bangunan classic ini menyuguhkan sajian ciri khas Indonesia, Eropa, sampai Amerika.


Toppers yang punyai diet khusus bisa juga bebas makan di sini karena ada opsi vegetarian, vegan, dan gluten-free. Situasi yang nyaman dan sajian yang nikmat tentu saja jadikan Spiegel Bar dan Bistro opsi yang pas untuk isi ulangi tenaga kamu.


  • Lokasi: Jalan Letjen Suprapto, No 26, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang

  • Jam membuka:

  • Minggu-Kamis: 10.00-23.00 WIB

  • Jumat-Sabtu: 10.00-00.00 WIB

  • Harga: Rp18,000-Rp195,000/poin


8. Animo Seni di Semarang Contemporary Art Gallery

Ini kali No Antri punyai referensi museum kembali, tetapi yang ini berisi koleksi kreasi seni kontemporer. Museum ini mempunyai tempat di dalam ruang dan taman dan tampilkan kreasi seni berbentuk lukisan sampai patung. Selainnya terbuka untuk lawatan biasa, museum ini diperkirakan jadi tuan-rumah eksibisi banyak seniman. Lokasi: Jl. Taman Srigunting No.5-6, Tj. Mas, Semarang Utara, Semarang


9. Berkunjung Kantor Pos Lama Semarang

Kantor pos yang disebutkan Kantor Pos Besar Semarang jadi kantor pos ke-2 di Hindia Belanda yang dibangun pada 1750. Sekalinya tanpa menyaksikan papan nama, kamu akan mendapati gedung pos gabungan warna putih-coklat-oranye ciri khas kantor pos Indonesia ini.


Kantor pos ini mempunyai tiga pintu khusus dengan 3 jendela di ke-2 segi kiri dan kanan. Dari jendela itu, kamu bisa nikmati situasi Jl. Pemuda yang ramai.


  • Lokasi: Jl. Pemuda No.4, Pandansari, Semarang tengah, Semarang

  • Jam membuka:

  • Senin-Jumat: 07.00-21.00 WIB

  • Sabtu: 07.00-19.00 WIB

  • Minggu: 08.00-19.00 WIB


10. Rekreasi Kulineran di Pasar Semawis

Pasar Semawis ialah pasar malam yang siap menganakemaskan lidah dan perut kamu dengan beragam jenis sajian dimulai dari cemilan sampai makanan berat. Kamu dapat lakukan pemanasan dengan barisan street food seperti telur gulung, cumi bakar, atau gulali.


Pasar ini awalnya ialah pasar yang diselenggarakan cuma tiap dekati perayaan Imlek, jadi tidaklah aneh jika kamu mendapati menu masakan babi ciri khas tionghoa. Tetapi, saat ini telah banyak makanan lokal yang dipasarkan di Pasar Semawis seperti soto, sate, naci goreng, dan banyak.


Inspirasi:

GloryCommunity

More actions